Tabel 2.1
Penanda Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Sosial
UMUR 12
BULAN
|
|
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
|
· Bisa
berjalan atau baru bisa melangkah untuk pertama –Sangatmenarik untuk ibu
mengambil foto! Gaya berjalannya dengan kaki melebar, memperlihatkan dia
sedang berlatih. (Dari pandangan fungsional, gaya berjalan seperti itu
menunjukkan banyak arti: Itu membuat posisi badannya ada di bawah titik
gravitasi dan menghasilkan keseimbangan badan.) Anda juga akan mencatat bahwa
usaha pertama dia untuk berjalan itu membutuhkan konsentrasi yang tinggi.
Selama seminggu kedepan, batita sudah bisa memperkirakan ke mana kakinya
harus melangkah sesuai obyek yang ada di sekitarnya.
· Bisa
bermain menyusun balok dan menyatukan puzzle sederhana. Pada saat itu dia
juga bisa sudah pandai menempatkan obyek yang sama bentuknya (misalnya
seperti mainan dari kayu atau plastik bentuk lingkaran atau persegi yang
dimasukkan ke dalam lobang yang bentuknya sama). Dia juga sudah bisa
menggoreskan krayon dan menggambar bentuk diatas kertas. Kemampuannya untuk
makan sendiri juga sudah berkembang, dan dia sangat senang membantu Anda
membuka halaman bukunya.
· Dalam
melakukan sesuatu, dia mungkin sudah mulai coba menggunakan satu tangannya,
meskipun dia masih sering menggunakan kedua tangannya.
· Sudah
dapat menggunakan jari telunjuk dan ibu jarinya untuk memungut sesuatu benda
yang kecil, atau melambaikan tangannya di atas kursi tingginya. Kepintaran
baru yang ditemukannya itu membuat dia bisa mengambil baut kecil, kerikil,
dan benda kecil di sekitarnya yang berbahaya untuknya. Jadi Anda harus
mengawainya lebih ketat dan hati-hati.
|
Persepsi/ Perkembangan kognitif
|
· Sudah
bisa menggunakan metode sangat dasar dalam mengelompokan mainannya (misalnya,
mengelompokkan berdasarkan warna atau bentuk)
· Senang
dengan bermain “bongkar-pasang” (misalanya membongkar semua balok dari kotak
dan kembali memasukannya lagi).
· Dapat
memasukkan bentuk gelang pada tiang dan dapat mengelompokkan benda
berdasarkan bentuknya.
|
Perkembangan bahasa
|
· Bisa
memahami paling sedikit tiga kata dan paling banyak 100 kata tetapi tidak
mungkin bisa mengatakan kata-kata selain,seperti ‘mama,’ ‘dada,’ atau
kata-kata ekspresif seperti ‘oh’ dan nama-nama benda.
· Dapat
mengikuti satu perintah sederhana (misalkan, “ambil bukumu”).
· Memahami
arti kata “jangan,” atau “tidak,” tetapi seringkali tidak dihiraukan!
|
UMUR 15 BULAN
|
|
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
|
· Masih terus
berjalan dengan gaya melebarkan kaki, tetapi kemampuan berjalannya semakin
baik. Dia lebih sering terjatuh, dan selalu mencobanya berdiri. Dia mempunyai
tempat dan orang untuk dikunjungi!
· Keahlian
dan seninya makin meningkat, dia punya taktik baru menggunakan tangannya
untuk memanjat. Jangan kaget jika suatu pagi dia bisa memanjat ke luar
boksnya, atau suatu hari dia bisa duduk diatas meja, menggunakan kursi untuk
memanjat meja. (Tentu saja bagi dia lebih sulit turun daripada memanjat, jadi
Anda akan dipanggil untuk membantunya turun, berkali-kali setiap hari.)
· Keseimbangannya
belum benar-benar bagus. Pada akhir bulan dia harusnya sudah bisa berdiri
dengan satu kaki untuk beberapa saat.
· Sangat
senang dengan percikan air, tetapi mungkin dia akan merasa kesal jika diajak
bermain dipantai yang ramai, atau jika dia mendapatkan cipratan air di tempat
itu.
· Kemampuan
motoriknya membaik secara bertahap. Dia pintar menggunakan mangkok, sendok,
dan krayon; meyusun balok sampai tiga tingkat; dan bisa membuka halaman buku.
Dia juga bisa membawa dua benda di masing-masing tangannya dalam waktu yang
sama –dia memasuki dunia baru bermain.
· Senang
dengan mainan yang ditarik.
· Penggunaan
kedua tangannya bisa dengan jelas terlihat. Saat dia makan sendiri atau
memegang krayon, dia mulai bisa memilih untuk elbih senang menggunakan salah
satu tangannya lebih sering dari tangan lainnya.
· Mulai
merasa risih dan kesal jika tangannya kotor ketika Anda memperkenalkan
kegiatan yang mengotori tangannya seperti melukis dengan tangan menggunakan
krayon. Masa itu biasanya tidak lama.
|
Persepsi/ Perkembangan kognitif
|
· Bisa
belajar bagaimana menggunakan jenis kemampuan berbeda pada saat yang sama,
misalnya, konsentrasi, memori, koordinasi tangan dan mata, dan mengatasi
pekerjaan kompleks seperti menyelesaikan puzzle atau bagaimana mengambil
mainan yang jatuh ke bawah tempat tidur. Perhatiannya bertambah luas membuat
dia bisa melakukan lebih banyak kegiatan.
· Belajar
mengelompokkan benda. Contoh, jika Anda tunjukkan pada dia mobil-mobilan dari
plastik dan yang dari kayu, dia memahami bahwa ada perbedaan itu, meskipun
dia belum tahu tentang kata mobil itu sendiri.
· Mulai
bisa menandai dimana dia meninggalkan mainan kesukaannya, sehingga dia dapat
menemukan kembali –terobosan besar dalam perkembangan presepsi/kognotif.
|
Perkembangan Bahasa
|
· Kemampuan
memahami apa yang dia dengar berkembang membaik secara bertahap. Suatu studi
menunjukkan bahwa batita pada umur ini mungkin bisa memahami ratusan kata,
terutama nama-nama benda dirumah, mainan, baju, orang, dan binatang
peliharaan, serta kata kerja yang lebih sering mereka gunakan. Akan tetapi,
batita Anda lebih sering frustasi karena melihat kenyataan bahwa ada jurang
yang besar antara jumlah kata-kata yang dia pahami dan yang bisa dia ucapkan.
Banyak ahli perkembangan anak usia dini percaya bahwa hal ini menjelaskan
mengapa ada kecenderungan sering menangis pada anak usia ini.
· Dalam
berkomunikasi, dia lebih mengandalkan bahasa isyarat dan kata-kata. Hampir
semua kata-kata yang dapat dia katakan pada saat ini adalah kata benda yang
dia gunakan untuk mengenali orang dan benda.
|
Perkembangan Sosial/Emosional
|
· Bisa
tertawa sampai satu menit, selanjutnya menangis. Suasana hatinya yang turun
naik. Dia sering menempel lekat-lekat. Dia ingin agar Anda selalu terlihat di
dekatnya setiap saat.
· Mulai
menunjukkan kemandiriannya yang bisa menyebabkan munculnya watak kemarahannya
jika dia tidak mendapatkan cara dia sendiri.
· Perhatiannya
bertambah untuk melibatkan Anda dalam pengalamannya. Jika dia lihat sesuatu
yang menarik, dia segera ingin tunjukkan pada Anda. Batita menghendaki segala
sesuatu dengan segera, penuh perhatian dan pribadi.
· Menjadi
lebih sejalan dengan emosi Anda dan seringkali mencoba untuk menenangkan Anda
jika dia melihat Anda sedang sedih.
· Mulai
terlibaht dalam permainan fungsional (permainan yang mencontoh sesuatu yang
Anda lakukan, seperti menggunakan komputer atau menyapu di sekitar rumah).
Dia juga sangat tertarik pada permainan sebab akibat.
· Mulai
menggunakan beberapa kegiatan sosial yang menentramkan tetapi belum
berkembang baik, seperti memberikan mainan kepada anak lain. Jangan mengira
bahwa dia akan saling berbagi seterusnya. Dia belum siap untuk melalukan itu
dengan benar.
· Sejauh
yang Anda perduli, dia mungkin sangat berkuasa. Jika Anda memperhatikan anak
lain, dia akan menjadi sangat cemburu. Itu cara dia untuk mengatakan bahwa
ibu atau bapaknya adalah milik dia seutuhnya!
|
Untuk Artikel Selanjutnya bisa membuka URL dibawah ini "
Tidak ada komentar:
Posting Komentar