Sabtu, 09 Agustus 2014

Masa Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Sosial di Umur 12-15 Bulan




Tabel 2.1


Penanda Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Sosial


UMUR 12 BULAN
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
·      Bisa berjalan atau baru bisa melangkah untuk pertama –Sangatmenarik untuk ibu mengambil foto! Gaya berjalannya dengan kaki melebar, memperlihatkan dia sedang berlatih. (Dari pandangan fungsional, gaya berjalan seperti itu menunjukkan banyak arti: Itu membuat posisi badannya ada di bawah titik gravitasi dan menghasilkan keseimbangan badan.) Anda juga akan mencatat bahwa usaha pertama dia untuk berjalan itu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Selama seminggu kedepan, batita sudah bisa memperkirakan ke mana kakinya harus melangkah sesuai obyek yang ada di sekitarnya.
·      Bisa bermain menyusun balok dan menyatukan puzzle sederhana. Pada saat itu dia juga bisa sudah pandai menempatkan obyek yang sama bentuknya (misalnya seperti mainan dari kayu atau plastik bentuk lingkaran atau persegi yang dimasukkan ke dalam lobang yang bentuknya sama). Dia juga sudah bisa menggoreskan krayon dan menggambar bentuk diatas kertas. Kemampuannya untuk makan sendiri juga sudah berkembang, dan dia sangat senang membantu Anda membuka halaman bukunya.
·      Dalam melakukan sesuatu, dia mungkin sudah mulai coba menggunakan satu tangannya, meskipun dia masih sering menggunakan kedua tangannya.
·      Sudah dapat menggunakan jari telunjuk dan ibu jarinya untuk memungut sesuatu benda yang kecil, atau melambaikan tangannya di atas kursi tingginya. Kepintaran baru yang ditemukannya itu membuat dia bisa mengambil baut kecil, kerikil, dan benda kecil di sekitarnya yang berbahaya untuknya. Jadi Anda harus mengawainya lebih ketat dan hati-hati.
Persepsi/ Perkembangan kognitif
·      Sudah bisa menggunakan metode sangat dasar dalam mengelompokan mainannya (misalnya, mengelompokkan berdasarkan warna atau bentuk)
·      Senang dengan bermain “bongkar-pasang” (misalanya membongkar semua balok dari kotak dan kembali memasukannya lagi).
·      Dapat memasukkan bentuk gelang pada tiang dan dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya.
Perkembangan bahasa
·      Bisa memahami paling sedikit tiga kata dan paling banyak 100 kata tetapi tidak mungkin bisa mengatakan kata-kata selain,seperti ‘mama,’ ‘dada,’ atau kata-kata ekspresif seperti ‘oh’ dan nama-nama benda.
·      Dapat mengikuti satu perintah sederhana (misalkan, “ambil bukumu”).
·      Memahami arti kata “jangan,” atau “tidak,” tetapi seringkali tidak dihiraukan!
UMUR 15 BULAN
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
·      Masih terus berjalan dengan gaya melebarkan kaki, tetapi kemampuan berjalannya semakin baik. Dia lebih sering terjatuh, dan selalu mencobanya berdiri. Dia mempunyai tempat dan orang untuk dikunjungi!
·      Keahlian dan seninya makin meningkat, dia punya taktik baru menggunakan tangannya untuk memanjat. Jangan kaget jika suatu pagi dia bisa memanjat ke luar boksnya, atau suatu hari dia bisa duduk diatas meja, menggunakan kursi untuk memanjat meja. (Tentu saja bagi dia lebih sulit turun daripada memanjat, jadi Anda akan dipanggil untuk membantunya turun, berkali-kali setiap hari.)
·      Keseimbangannya belum benar-benar bagus. Pada akhir bulan dia harusnya sudah bisa berdiri dengan satu kaki untuk beberapa saat.
·      Sangat senang dengan percikan air, tetapi mungkin dia akan merasa kesal jika diajak bermain dipantai yang ramai, atau jika dia mendapatkan cipratan air di tempat itu.
·      Kemampuan motoriknya membaik secara bertahap. Dia pintar menggunakan mangkok, sendok, dan krayon; meyusun balok sampai tiga tingkat; dan bisa membuka halaman buku. Dia juga bisa membawa dua benda di masing-masing tangannya dalam waktu yang sama –dia memasuki dunia baru bermain.
·      Senang dengan mainan yang ditarik.
·      Penggunaan kedua tangannya bisa dengan jelas terlihat. Saat dia makan sendiri atau memegang krayon, dia mulai bisa memilih untuk elbih senang menggunakan salah satu tangannya lebih sering dari tangan lainnya.
·      Mulai merasa risih dan kesal jika tangannya kotor ketika Anda memperkenalkan kegiatan yang mengotori tangannya seperti melukis dengan tangan menggunakan krayon. Masa itu biasanya tidak lama.
Persepsi/ Perkembangan kognitif
·      Bisa belajar bagaimana menggunakan jenis kemampuan berbeda pada saat yang sama, misalnya, konsentrasi, memori, koordinasi tangan dan mata, dan mengatasi pekerjaan kompleks seperti menyelesaikan puzzle atau bagaimana mengambil mainan yang jatuh ke bawah tempat tidur. Perhatiannya bertambah luas membuat dia bisa melakukan lebih banyak kegiatan.
·      Belajar mengelompokkan benda. Contoh, jika Anda tunjukkan pada dia mobil-mobilan dari plastik dan yang dari kayu, dia memahami bahwa ada perbedaan itu, meskipun dia belum tahu tentang kata mobil itu sendiri.
·      Mulai bisa menandai dimana dia meninggalkan mainan kesukaannya, sehingga dia dapat menemukan kembali –terobosan besar dalam perkembangan presepsi/kognotif.
Perkembangan Bahasa
·      Kemampuan memahami apa yang dia dengar berkembang membaik secara bertahap. Suatu studi menunjukkan bahwa batita pada umur ini mungkin bisa memahami ratusan kata, terutama nama-nama benda dirumah, mainan, baju, orang, dan binatang peliharaan, serta kata kerja yang lebih sering mereka gunakan. Akan tetapi, batita Anda lebih sering frustasi karena melihat kenyataan bahwa ada jurang yang besar antara jumlah kata-kata yang dia pahami dan yang bisa dia ucapkan. Banyak ahli perkembangan anak usia dini percaya bahwa hal ini menjelaskan mengapa ada kecenderungan sering menangis pada anak usia ini.
·      Dalam berkomunikasi, dia lebih mengandalkan bahasa isyarat dan kata-kata. Hampir semua kata-kata yang dapat dia katakan pada saat ini adalah kata benda yang dia gunakan untuk mengenali orang dan benda.
Perkembangan Sosial/Emosional
·      Bisa tertawa sampai satu menit, selanjutnya menangis. Suasana hatinya yang turun naik. Dia sering menempel lekat-lekat. Dia ingin agar Anda selalu terlihat di dekatnya setiap saat.
·      Mulai menunjukkan kemandiriannya yang bisa menyebabkan munculnya watak kemarahannya jika dia tidak mendapatkan cara dia sendiri.
·      Perhatiannya bertambah untuk melibatkan Anda dalam pengalamannya. Jika dia lihat sesuatu yang menarik, dia segera ingin tunjukkan pada Anda. Batita menghendaki segala sesuatu dengan segera, penuh perhatian dan pribadi.
·      Menjadi lebih sejalan dengan emosi Anda dan seringkali mencoba untuk menenangkan Anda jika dia melihat Anda sedang sedih.
·      Mulai terlibaht dalam permainan fungsional (permainan yang mencontoh sesuatu yang Anda lakukan, seperti menggunakan komputer atau menyapu di sekitar rumah). Dia juga sangat tertarik pada permainan sebab akibat.
·      Mulai menggunakan beberapa kegiatan sosial yang menentramkan tetapi belum berkembang baik, seperti memberikan mainan kepada anak lain. Jangan mengira bahwa dia akan saling berbagi seterusnya. Dia belum siap untuk melalukan itu dengan benar.
·      Sejauh yang Anda perduli, dia mungkin sangat berkuasa. Jika Anda memperhatikan anak lain, dia akan menjadi sangat cemburu. Itu cara dia untuk mengatakan bahwa ibu atau bapaknya adalah milik dia seutuhnya!


Untuk Artikel Selanjutnya bisa membuka URL dibawah ini "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar