Senin, 11 Agustus 2014

Masa Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Sosial di Umur 18-21 Bulan



UMUR 18 BULAN
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)

·      Pandai mengendalikan mekanisme dalam berjalan, berlari dan memanjat. Saat ini dia sudah bisa mengendalikan keseimbangannya –keahlian yang sangat membantu di kemudian hari saat dia mulai berjalan di anak tangga.
·      Bisa melakukan lebih dari satu kegiatan pada saat dia melakukan suatu pekerjaan: misalnya, memencet mainan pistol-pistolan sambil dia berjalan.
·      Kesempuranaan kemampuan motoriknya membaik secara bertahap dan cepat membentuk. Dia sekarang bisa mngambil potongan kecil roti atau sereal secara perlahan dan akurat. Dia juga sudah mahir dengan sendoknya, tetapi masih sering menggunakan jari-jarinya kembali karena itu dirasakannya lebih mudah.
·      Senang bermain dengan benda-benda model, seperti lilin, tanah liat, atau pasir. Dia tidak lagi terkagum-kagum dengan menyentuh benda-benda basah atau lengket (asumsinya, tentu saja, dia sudah merasa kagum pada awalnya; beberapa anak sejak awal sudah senang bermain dengan yang kotor!)
·      Lebih bisa berkoordinasi dalam bermain: dia bisa menuangkan air dari wadah ke wadah lainnya tanpa banyak yang tumpah atau muncrat.
Persepsi/ Perkembangan kognitif
·      Perasaan terhadap dirinya tumbuh sangat kuat dan sudah mengenal dirinya di depan kaca.
·      Jangkauan perhatiannya bertambah, dan daya ingat semakin baik. Dia bisa membuat Anda kagum dengan kemampuannya untuk menunjuk bagian-bagian tubuhnya yang Anda sebutkan.
·      Bisa membedakan antara bentuk bulat dan segi empat, keahlian yang dia gunakan jika dia bermaind engan permainan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk. Dia juga bisa mengenali sejumlah warna sengat sebutan namanya.
Perkembangan Bahasa
·      Kemampuan berbahasanya terus semakin baik dan meluas. Dia memahami beberapa perintah sederhana, seperti “letakan mangkuknya diatas meja”. Ucapannya juga bertambah cepat: dia menambah sekitar lima sampai enam kata baru setiap minggu dan selalu bisa menggunakan kalimat sedikitnya dengan dua kata. Tentu saja kemampuan bahasanya pada umur ini sangat bervariasi. Suatu studi yang melibatkan anak umur 20 bulan menunjukkan bahwa pembendaharaan kata anak-anak itu berkisar 400 kata!
·      Menggunakana namanya sendiri untuk menunjuk dirinya sendiri daripada menggunakan kata-kata yang lebih tepat.
·      Mencoba menyanyikan lagu dengan kata-kata.
·      Meniru suara yang dia dengar di sekitar lingkungannya (misalnya, sirene polisi atau suara anjing menggonggong)
Perkembangan Sosial/Emosional
·      Perasaan terhadap dirinya berkembang sangat kuat. Menerima pujian seperti busa menyerap air.
·      Memasuki dunia sosial seperti kupu-kupu yang terbang ke sana ke mari, mudah akrab dengan orang lain yang memperhatikannya. (Di sisi lain, dia memberikan bahasa tubuh jika dia tak suka apa pun yang dilakukan orang pada dia, dia minta Anda untuk mencegahnya jika yang dia tidak sukai itu adalah kakek atau neneknya!).
·      Mudah menerima pertolongan jika mengalami kesulitan yang mengurangi rasa frustasinya saat dia mempelajari sesuatu sepanjang hari.
·      Mulai belajar bagaimana bersosialisasi dengan anak-anak lain seumuran, tetapi biasanya interaksinya hanya sebentar, komunikasinya cenderung dengan kontak mata dan wajah dengan sedikit kata-kata. Model permainan ini disebut sebagai bermain paralel.
·      Tiba-tiba dia menunjukkan rasa sayangnya pada selimutnya, bonekanya, atau pada obyek transisional (istilah psikolog untuk menjelaskan obyek yang bisa memberikan nyaman pada anak). Penelitian menunjukkan bahwa 60 persen batita menunjukkan rasa sayangnya pada beberapa obyek transisional.
·      Pada umur ini batita menunjukkan perilaku selalu resah, keras kepala, dan cenderung pemarah. Die menentang hal yang tidak disetujuinya –seperti saat dia disuruh tidur.
·      Sangat senang jika Anda temani dan mendapatkan perhatian sepenuhnya, jadi jangan kaget jika dia menyela saat Anda berbincang-bincang dengan orang lain.
UMUR 21 BULAN
Perkembangan Fisik (Motorik secara umum dan secara sempurna)
·      Bisa bermain sambil jongkok. Dia mungkin juga bisa menuruni tangga sambil memengang pegangan tangga, serta sudah bisa mengoordinasikan kakinya untuk menendang bola dan/atau melempar dan menangkap bola dalam posisi berdiri.
·      Sangat senang menaiki mainan kendaraan sambil melihat-lihat sekitarnya, tetapi dia masih tidak bisa mengendarai sepeda roda tiga.
·      Jika dia terpelanting. Dia sudah bisa menjaga keseimbangan badannya dengan baik. Tentu saja dalam umur ini dia masih sering terpelanting, meskipun cara terpelantingnya berbeda dengan anak yang lebih besar.
·      Tangannya sudah terampil, sehingga dia lebih mudah membuat kerajinan tangan dan menolong dirinya jika kesulitan. Dengan kemampuan yang lebih baik dalam mengoordinasikan dirinya, dia lebih mudah untuk mencoba berbagai gerakan (bahkan berbahaya bagi dirinya), seperti mencoba memasukkan pisau makan ke colokan listrik.
·      Kemampuan memahami dirinya semakin meningkat, tetapi dia masih perlu bantuan dalam memakai baju, menyisir rambut, dan sebagainya. Beberapa anak pada umur ini sudah bisa mengancingkan bajunya atau menari risleting, tetapi ada yang tidak biasa.
Persepsi/ Perkembangan Kognitif
·      Sekarang dia sudah bisa mengatakan perbedaan antara bentuk bulatan, segi empat dan segi tiga, dan sudah bisa menunjuk bentuk-bentuk itu pada buku ceritanya.
·      Mendapatkan ketertarikan baru pada tekstur obyek dan mungkin mendapatkan kesenangan pada kegiatan menggambar dengan jarinya (fingerpainting), senang bermain pasir, dan menjilati bubur ketang di jarinya.
·      Memahami bahwa dirinya bisa belajar banyak dengan melakukan berbagai perlakuan pada obyek (misalnya membuka kaleng untuk melihat di dalamnya).
·      Senang menari bila mendengar lagu dan bisa membuat irama suara dengan menggunakan alat musik sederhana, seperti drum atau tamborin.
·      Senang mengamati Anda dengan seksama dan kemudian meniru apa yang Anda lakukan –cara dia untuk “magang” untuk belajar kepadaian yang baru.
·      Sangat aktif melakukan coba-coba (trial and error) untuk mengatasi masalahnya.
·      Mempunyai 1001 pertanyaan tentang dunianya dan kemampuan memahami jawaban Anda semakin meningkat. Jangan kaget jiga dia menanyakan hal yang sama berkali-kali. Dia ingi melihat apakah jawaban Anda akan sama lagi seterusnya.
Perkembangan Bahasa
·      Bisa membuat kalimat dengan dua kata dan senang mencoba kalimat baru lainnya kadang-kadang salah menggunakan kata-katanya. Dia juga bisa meniru kalimat sederhana yang panjang jika Anda membuat contoh yang menyangkut mereka (misalnya, yang terdiri dari tiga atau empat kata).
·      Sekarang dia bisa menunjuk dirinya sendiri pada saat dia bicara. “Aku” menjadi kata favoritnya (tetapi tentu saja dia masih belum bisa menempatkan secara tepat dengan kata-kata lainnya).
·      Sudah bisa menggunakan bahasa untuk mengungkapkan keinginan dan kemauannya.
Perkembangan Sosial/Emosional
·      Kemauannya sendiri menjadi semakin berkembang. Kemauannya untuk melakukan sesuatu yang ditentukan oleh dirinya sendiri semakin meningkat.
·      Masih sering mengalami uring-uringan jika marah, takut, atau frustrasi, tetapi umumnya mereka sedikit pemarah dibandingkan enam bulan lalu. Dia mulai bisa mencoba mengendalikan emosi negatifnya, tetapi tentu saja belum sempurna sebelum kemarahannya benar-benar reda!
·      Bisa menunjukkan dua atau lebih emosi pada saat yang sama (misalnya takut dan marah).
·      Menemukan cara untuk mengamankan dan menyamarkan diri sehari-hari.
·      Menunjukkan peningkatan ketertarikannya dalam bermain dengan anak lain seusianya, tetapi saat sendang bermain biasanya hanya sebentar –dua anak batita mengalami kesulitan dalam membangun saling pengertian satu sama lain dan/atau akan saling menjauh.
·      Mulai senang dengan permainan berdandan, terutama menggunakan benda-benda milik Anda.


Untuk Artikel Selanjutnya bisa membuka URL dibawah ini "


Tidak ada komentar:

Posting Komentar