UMUR 18 BULAN
|
|
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
|
· Pandai
mengendalikan mekanisme dalam berjalan, berlari dan memanjat. Saat ini dia
sudah bisa mengendalikan keseimbangannya –keahlian yang sangat membantu di
kemudian hari saat dia mulai berjalan di anak tangga.
· Bisa
melakukan lebih dari satu kegiatan pada saat dia melakukan suatu pekerjaan:
misalnya, memencet mainan pistol-pistolan sambil dia berjalan.
· Kesempuranaan
kemampuan motoriknya membaik secara bertahap dan cepat membentuk. Dia
sekarang bisa mngambil potongan kecil roti atau sereal secara perlahan dan
akurat. Dia juga sudah mahir dengan sendoknya, tetapi masih sering
menggunakan jari-jarinya kembali karena itu dirasakannya lebih mudah.
· Senang
bermain dengan benda-benda model, seperti lilin, tanah liat, atau pasir. Dia
tidak lagi terkagum-kagum dengan menyentuh benda-benda basah atau lengket
(asumsinya, tentu saja, dia sudah merasa kagum pada awalnya; beberapa anak
sejak awal sudah senang bermain dengan yang kotor!)
· Lebih
bisa berkoordinasi dalam bermain: dia bisa menuangkan air dari wadah ke wadah
lainnya tanpa banyak yang tumpah atau muncrat.
|
Persepsi/ Perkembangan kognitif
|
· Perasaan
terhadap dirinya tumbuh sangat kuat dan sudah mengenal dirinya di depan kaca.
· Jangkauan
perhatiannya bertambah, dan daya ingat semakin baik. Dia bisa membuat Anda
kagum dengan kemampuannya untuk menunjuk bagian-bagian tubuhnya yang Anda
sebutkan.
· Bisa
membedakan antara bentuk bulat dan segi empat, keahlian yang dia gunakan jika
dia bermaind engan permainan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk. Dia
juga bisa mengenali sejumlah warna sengat sebutan namanya.
|
Perkembangan Bahasa
|
· Kemampuan
berbahasanya terus semakin baik dan meluas. Dia memahami beberapa perintah
sederhana, seperti “letakan mangkuknya diatas meja”. Ucapannya juga bertambah
cepat: dia menambah sekitar lima sampai enam kata baru setiap minggu dan selalu
bisa menggunakan kalimat sedikitnya dengan dua kata. Tentu saja kemampuan
bahasanya pada umur ini sangat bervariasi. Suatu studi yang melibatkan anak
umur 20 bulan menunjukkan bahwa pembendaharaan kata anak-anak itu berkisar
400 kata!
· Menggunakana
namanya sendiri untuk menunjuk dirinya sendiri daripada menggunakan kata-kata
yang lebih tepat.
· Mencoba
menyanyikan lagu dengan kata-kata.
· Meniru
suara yang dia dengar di sekitar lingkungannya (misalnya, sirene polisi atau
suara anjing menggonggong)
|
Perkembangan Sosial/Emosional
|
· Perasaan
terhadap dirinya berkembang sangat kuat. Menerima pujian seperti busa
menyerap air.
· Memasuki
dunia sosial seperti kupu-kupu yang terbang ke sana ke mari, mudah akrab
dengan orang lain yang memperhatikannya. (Di sisi lain, dia memberikan bahasa
tubuh jika dia tak suka apa pun yang dilakukan orang pada dia, dia minta Anda
untuk mencegahnya jika yang dia tidak sukai itu adalah kakek atau neneknya!).
· Mudah menerima
pertolongan jika mengalami kesulitan yang mengurangi rasa frustasinya saat
dia mempelajari sesuatu sepanjang hari.
· Mulai
belajar bagaimana bersosialisasi dengan anak-anak lain seumuran, tetapi
biasanya interaksinya hanya sebentar, komunikasinya cenderung dengan kontak
mata dan wajah dengan sedikit kata-kata. Model permainan ini disebut sebagai
bermain paralel.
· Tiba-tiba
dia menunjukkan rasa sayangnya pada selimutnya, bonekanya, atau pada obyek
transisional (istilah psikolog untuk menjelaskan obyek yang bisa memberikan
nyaman pada anak). Penelitian menunjukkan bahwa 60 persen batita menunjukkan
rasa sayangnya pada beberapa obyek transisional.
· Pada
umur ini batita menunjukkan perilaku selalu resah, keras kepala, dan
cenderung pemarah. Die menentang hal yang tidak disetujuinya –seperti saat
dia disuruh tidur.
· Sangat
senang jika Anda temani dan mendapatkan perhatian sepenuhnya, jadi jangan
kaget jika dia menyela saat Anda berbincang-bincang dengan orang lain.
|
UMUR 21 BULAN
|
|
Perkembangan Fisik
(Motorik secara umum dan secara sempurna)
|
· Bisa bermain sambil jongkok. Dia
mungkin juga bisa menuruni tangga sambil memengang pegangan tangga, serta
sudah bisa mengoordinasikan kakinya untuk menendang bola dan/atau melempar
dan menangkap bola dalam posisi berdiri.
· Sangat senang menaiki mainan
kendaraan sambil melihat-lihat sekitarnya, tetapi dia masih tidak bisa
mengendarai sepeda roda tiga.
· Jika dia terpelanting. Dia sudah
bisa menjaga keseimbangan badannya dengan baik. Tentu saja dalam umur ini dia
masih sering terpelanting, meskipun cara terpelantingnya berbeda dengan anak
yang lebih besar.
· Tangannya sudah terampil, sehingga
dia lebih mudah membuat kerajinan tangan dan menolong dirinya jika kesulitan.
Dengan kemampuan yang lebih baik dalam mengoordinasikan dirinya, dia lebih
mudah untuk mencoba berbagai gerakan (bahkan berbahaya bagi dirinya), seperti
mencoba memasukkan pisau makan ke colokan listrik.
· Kemampuan memahami dirinya semakin
meningkat, tetapi dia masih perlu bantuan dalam memakai baju, menyisir
rambut, dan sebagainya. Beberapa anak pada umur ini sudah bisa mengancingkan
bajunya atau menari risleting, tetapi ada yang tidak biasa.
|
Persepsi/
Perkembangan Kognitif
|
· Sekarang dia sudah bisa mengatakan
perbedaan antara bentuk bulatan, segi empat dan segi tiga, dan sudah bisa
menunjuk bentuk-bentuk itu pada buku ceritanya.
· Mendapatkan ketertarikan baru pada
tekstur obyek dan mungkin mendapatkan kesenangan pada kegiatan menggambar
dengan jarinya (fingerpainting),
senang bermain pasir, dan menjilati bubur ketang di jarinya.
· Memahami bahwa dirinya bisa belajar
banyak dengan melakukan berbagai perlakuan pada obyek (misalnya membuka
kaleng untuk melihat di dalamnya).
· Senang menari bila mendengar lagu
dan bisa membuat irama suara dengan menggunakan alat musik sederhana, seperti
drum atau tamborin.
· Senang mengamati Anda dengan
seksama dan kemudian meniru apa yang Anda lakukan –cara dia untuk “magang”
untuk belajar kepadaian yang baru.
· Sangat aktif melakukan coba-coba
(trial and error) untuk mengatasi masalahnya.
· Mempunyai 1001 pertanyaan tentang
dunianya dan kemampuan memahami jawaban Anda semakin meningkat. Jangan kaget
jiga dia menanyakan hal yang sama berkali-kali. Dia ingi melihat apakah
jawaban Anda akan sama lagi seterusnya.
|
Perkembangan Bahasa
|
· Bisa membuat kalimat dengan dua
kata dan senang mencoba kalimat baru lainnya kadang-kadang salah menggunakan
kata-katanya. Dia juga bisa meniru kalimat sederhana yang panjang jika Anda
membuat contoh yang menyangkut mereka (misalnya, yang terdiri dari tiga atau
empat kata).
· Sekarang dia bisa menunjuk dirinya
sendiri pada saat dia bicara. “Aku” menjadi kata favoritnya (tetapi tentu
saja dia masih belum bisa menempatkan secara tepat dengan kata-kata lainnya).
· Sudah bisa menggunakan bahasa untuk
mengungkapkan keinginan dan kemauannya.
|
Perkembangan
Sosial/Emosional
|
· Kemauannya sendiri menjadi semakin
berkembang. Kemauannya untuk melakukan sesuatu yang ditentukan oleh dirinya
sendiri semakin meningkat.
· Masih sering mengalami
uring-uringan jika marah, takut, atau frustrasi, tetapi umumnya mereka
sedikit pemarah dibandingkan enam bulan lalu. Dia mulai bisa mencoba
mengendalikan emosi negatifnya, tetapi tentu saja belum sempurna sebelum
kemarahannya benar-benar reda!
· Bisa menunjukkan dua atau lebih
emosi pada saat yang sama (misalnya takut dan marah).
· Menemukan cara untuk mengamankan
dan menyamarkan diri sehari-hari.
· Menunjukkan peningkatan
ketertarikannya dalam bermain dengan anak lain seusianya, tetapi saat sendang
bermain biasanya hanya sebentar –dua anak batita mengalami kesulitan dalam
membangun saling pengertian satu sama lain dan/atau akan saling menjauh.
· Mulai senang dengan permainan
berdandan, terutama menggunakan benda-benda milik Anda.
|
Untuk Artikel Selanjutnya bisa membuka URL dibawah ini "
Tidak ada komentar:
Posting Komentar