Senin, 11 Agustus 2014

Masa Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Sosial di Umur 24-30 Bulan


UMUR 24 BULAN
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
·      Gerakannya semakin terkoordinasi dibandingkan satu bulan sebelumnya dan menikmati permainan secara lebih aktif. Sekarang sudah bisa berjalan lebih sempurna dengan tumit dan jari kakinya daripada berjalan dengan gaya seperti bebek yang sering diperlihatkan oleh anak batita. Dia juga bisa melakukan hal lainnya saat dia bergerak, melihat sekitarnya, atau membawa sesuatu di tanggannya.
·      Sudah bisa melompat di permukaan datar dalam jarak dekat, dan bisa dilatih melompati sesuatu benda kecil sambil memerankan diri sebagai burung, kapal terbang, atau lainnya.
·      Kesempurnaan kemampuan motoriknya membaik untuk melakukan hal yang detail dan lebih sulit, seperti membuka halaman buku, membangun bangunan dengan menyusuk balok-balok dan memasukkan paku kedalam lubang.
·      Sudah bisa mengangkap bola besar.
·      Bisa membuat sendiri suatu bentuk di atas kertas secara spontan ketimbang mencontoh garis dan bentuk yang Anda gambar.
·      Sekarang sudah bisa membuka pintu dengan memegang gagang pintu, bisa membuka baut tutup gelas, dan memegang cangkir dengan satu tangan. Dan sering menunjukkan bahwa dirinya ada.
Persepsi/ Perkembangan Kognitif
·      Mulai memahami konsep jumlah (lagi, tambah, kurang), hubungan dengan tempat (di bawah,di antara, di balik, di atas), dan waktu (sekarang dan nanti).
·      Mengerti kegunaan benda dan senang mengelompokkan benda berdasarkan warna atau sifat-sifat yang jelas lainnya, kemampuan ini akan sangat membantu dia dalam memahami konsep dasar matematika.
·      Senang dengan kegiatan merangkai- memasukkan tali ke manik-manik besar dan memasukkan tali kemainannya –dua cara yang sangat baik untuk menyempurnakan kemampuan motoriknya menjadi lebih baik.
·      Dapat menunjuk dirinya sendiri dalam foto keluarga. Beberapa bulan sebelumnya meskipun dia bisa menunjuk fotonya tetapi belum mengenal itu adalah dirinya –sering menyebut adik bayi atau sebutan lainnya.
·      Seringkali mencoba melanggar aturan yang Ada buat untuk melihat bagaimana reaksi Anda. Suatu penelitian menemukan bahwa pada umumnya batita melanggar lima aturan keluarga setiap jam!
Perkembangan Bahasa
·      Bisa mengikuti perintah sederhana –jika suasana hatinya cukup baik untuk diajak kerjasama!
·      Sekarang sudah bisa menghubungkan konsep satu kata dengan beberapa kejadian secara keseluruhan (naik mobil, menuju ke toko, berberlanja, dan pulang ke rumah lagi).
·      Pembendaharaan kata-katanya sudah bertambah menjadi kira-kira 50 kata.
·      Sudah lulus dari membuat kalimat dengan satu kata menjadi dua kata, tiga kata, atau empat kata, meskipun ucapannya masih sulit dipahami orang lain. Hanya ada 25 persen orang lain yang bisa memecahkan rahasia yang dia katakan.
·      Bisa menggunakan kalimat sederhana, membuat kalimat permintaan yang sederhana, dan menjawab pertanyaan yang sederhana.
Perkembangan Sosial/Emosional
·      Suka meniru orang dewasa.
·      Mulai mengenal emosi orang lain.
·      Mulai menunjukkan kerjasama ketika dia bermain dengan anak lain, tetapi pertikaian yang panas dan rebutan masih sering terjadi.
·      Akan coba menghibur jika Anda kelihatan sedih.
·      Senang membantu pekerjaan rutin Anda, seperti mengambil kaos kaki dan memasukkannya ke keranjang cucian.
·      Bisa menjadi sangat marah jika terjadi perubbahan besar dalam kegiatan rutinitasnya. Batita pada umur ini adalah benar benar makhluk kebiasaan.
UMUR 30 BULAN
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
·      Bisa melompat langsung ke depan.
·      Dapat melompat dari atas benda pendek- misalnya bangku pendek- dan menapakkan kakinya di lantai tanpa kehilangan keseimbangan.
·      Bisa memakai dan mencopot bajunya sendiri tanpa bantuan orang lain.
·      Dapat berjalan dengan menggunakan ujung jari kakinya (jinjit) dan bisa berdiri dengan kuat. Dia juga bisa berlari dengan baik sambil memalingkan kepala sejenak tanpa kehilangan keseimbangan.
·      Dapat mengayuh sepeda dan bermain di arena permainan yang sesuai dengan umurnya.
·      Belajar memotong kertas menggunakan gunting anak-anak, tetapi bisa membuatnya frustasi jika guntingnya macet atau kertasnnya sobek.
·      Bisa mencontoh gambar lingkaran.
·      Dapat membuat menara dari balok mainan setinggi enam tingkat atau lebih.
Persepsi/ Perkembangan Kognitif
·      Mulai menunjukkan dan mengerti tentang rutinitas, bahkan tidak hanya yang ada dirumah (misalnya di tempat peitipan anak), dia terus berkembang pesat dengan rutinitasnya.
·      Sudah bisa memperkirakan konsekuensi dari apa yang dilakukannya. Dia mengerti jika memegang tepi piring saat dia membawanya sambil berjalan, maka makanan yang ada di dalam piring akan tumpah ke lantai.
·      Bisa mencontoh dengan persis gerakan dan sepenuhnya mengikuti nyanyian seperti “topi saya bundar”.
·      Dapat menyelesaikan puzzle jigsaw sederhana. Dia dapat menyelesaikan puzzle kayu dengan banyak keberhasilan.
·      Dapat mencocokkan dua gambar yang sama.
·      Bisa menunjukkan suatu gambar tertentu yang sering dia lihat dalam buku dengan tepat.
·      Mulai ingat orang, tempatm dan kejadian. Dia mulai menggunakan kata-kata “kemarin” dan “besok, tetapi mungkin belum sepenuhnya memahami artinya.
·      Bisa menggunakan imajinasinya untuk membuat cerita sederhana.
·      Mungkin menyamakan benda mati seperti manusia (misalnya, dia mungkin khawatir kalau boneka beruang teddy-nya merasa kesepian jika dia tinggalkan sendiri di dalam kamarnya sepanjang hari).
·      Bisa menggunakan kata-kata untuk meminta
Perkembangan Bahasa
·      Sudah mempunyai pembendaharaan kata sekitar 1.000 atau lebih. Dia selalu tertarik untuk belajar tentang arti kata-kata yang tidak biasa dia dengar.
·      Memahami bahwa orang mempunyai nama. Dia juga bisa menangkap konsep tentang jumlah, meskipun itu mungkin hanya sekilas sampai dia benar-benar belajar bagaimana menghitung.
·      Mengerti sejumlah kata kerja.
·      Mulai menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan emosinya: senang, sedih, marah, takut, dan sebagainya. Suasana hatinya juga banyak menurun dibandingkan beberapa bulan lalu. Untuk saat ini dia sedang melewati masa “sebagai ratu”.
·      Membuat beberapa percobaan untuk memperbaiki masalah tata bahasa dalam ucapannya saat dia menyadari kesalahannya.
Perkembangan Sosial/Emosional
·      Senang menyenangkan orang lain.
·      Mungkin bermain disekitar anak-anak lainnya, tetapi dia belum bisa benar-benar bermain dengan mereka (Lihat Bab 3 untuk dikusi lebih rinci mengenai bagaimana bentuk perkembangan permainan batita lebih lanjut).
·      Mempunyai perasaan yang jelas mengenai tempat yang nyaman bagi dia, dan dengan tegas melindungi milik dan tempat pribadinya. Kata-kata favoritnya adalah Aku!
Perkembangan Fisik Kasar dan Halus
·      Sekarang sudah benar-benar bisa memanjat (seharusnya begitu; dia sudah banyak mendapatkan latihan)
·      Bisa berjalan turun naik di tanggai, menggunakan kakinya berselang-seling satu kaki tiap anak tangga.
·      Bisa menendang bola, mengayuh pedal sepeda, dan negatur posisi badannya utnuk mengambil suatu benda tanpa jatuh.
·      Bisa membuat menara balok dengan tinggi tingkat enam sampai delapan dan merangkai manik-manik ukuran setengah inci.
·      Bisa menggunakan garpu untuk makan sendiri.
Persepsi/ Perkembangan Kognitif
·      Bisa memahami hubungan fisik antar obyek (misalkan di atas, di dalam, di bawah).
·      Memahami perbedaan antara berpura-pura (main-main) dan sungguh-sungguh.
·      Mulai menghubungkan suatu kegiatan dan perbedaan kelompok laki-laki dan perempuan dan dapat mengelompokan foto berdasarkan gender laki-laki dan perempuan.
·      Dapat mencocokan suatu obyek di tangannya ke gambar di dalam buku dan bisa menyelesaikan puzzle yang terdiri dari tiga sampai empat bagian.
Perkembangan Bahasa
·      Dapat mengenali dan mengidentifikasi banyak benda-benda yang umun dan memahami banyak kalimat.
·      Dapat memberitahu nama, umur, dan dirinya laki-laki atau perempuan, pada Anda.
·      Menggunakan kalimat yang terdiri empat, lima, atau bahkan enam kata. Dia juga mulai menggunakan kata ganti dengan tepat (aku, kamu, saya, kami, mereka) dan, tentu saja dia memegang konsep kepemilikan yang sangat kuat (punya dia dengan punyaku).
·      Dapat merespon dua atau tiga komponen perintah (misalnya, “ambil baju kamu, sepatu kamu, boneka, kamu”).
·      Pembicaraannya sudah bisa dimengerti oleh orang yang belum kenal dia dengan baik. (Mereka bisa memahami hampir 75 persen apa yang dia katakan.)
Perkembangan Sosial/Emosional
·      Menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi situasi baru dan menjalin hubungan dengan orang di luar keluarga dekatnya. Dia juga mulai menunjukkan sayangnya pada teman-teman sepermainannya secara spontan. Kadang-kadang bisa selalu bentrok dengan anak seumuran lainya tanpa minta Anda untuk ikut campur, dan dia belajar bagaimana ikut dalam bermain. Tentu saja dia masih sedikit bossy.
·      Lebih ada kemauan untuk mengikuti aturan keluarga –wataknya yang pemarah secara dramatis frekuensinya menjadi menurun.
·      Senang mengambil sendiri baju yang ingin dipakainnya –salah satu cara di antara cara lainnya untuk menunjukkan kemandiriannya.
·      Bisa merasakan perasaan bangga dan malu, jadi itu menjadi sebab mengapa Anda harus sensitif untuk memilih cara menerapkan disiplin.
·      Tumbuh perasaan humornya –membuat dia sangat lucu untuk Anda.


Untuk Artikel Selanjutnya bisa membuka URL dibawah ini "
http://ibudananashop.blogspot.com/2014/08/tingkatan-pertumbuhan-si-buah-hati.html 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar