UMUR 24 BULAN
|
|
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
|
· Gerakannya
semakin terkoordinasi dibandingkan satu bulan sebelumnya dan menikmati
permainan secara lebih aktif. Sekarang sudah bisa berjalan lebih sempurna
dengan tumit dan jari kakinya daripada berjalan dengan gaya seperti bebek
yang sering diperlihatkan oleh anak batita. Dia juga bisa melakukan hal
lainnya saat dia bergerak, melihat sekitarnya, atau membawa sesuatu di
tanggannya.
· Sudah bisa melompat di permukaan
datar dalam jarak dekat, dan bisa dilatih melompati sesuatu benda kecil
sambil memerankan diri sebagai burung, kapal terbang, atau lainnya.
· Kesempurnaan kemampuan motoriknya
membaik untuk melakukan hal yang detail dan lebih sulit, seperti membuka
halaman buku, membangun bangunan dengan menyusuk balok-balok dan memasukkan
paku kedalam lubang.
· Sudah bisa mengangkap bola besar.
· Bisa membuat sendiri suatu bentuk
di atas kertas secara spontan ketimbang mencontoh garis dan bentuk yang Anda
gambar.
· Sekarang sudah bisa membuka pintu
dengan memegang gagang pintu, bisa membuka baut tutup gelas, dan memegang
cangkir dengan satu tangan. Dan sering menunjukkan bahwa dirinya ada.
|
Persepsi/
Perkembangan Kognitif
|
· Mulai memahami konsep jumlah (lagi,
tambah, kurang), hubungan dengan tempat (di bawah,di antara, di balik, di
atas), dan waktu (sekarang dan nanti).
· Mengerti kegunaan benda dan senang
mengelompokkan benda berdasarkan warna atau sifat-sifat yang jelas lainnya,
kemampuan ini akan sangat membantu dia dalam memahami konsep dasar
matematika.
· Senang dengan kegiatan merangkai-
memasukkan tali ke manik-manik besar dan memasukkan tali kemainannya –dua
cara yang sangat baik untuk menyempurnakan kemampuan motoriknya menjadi lebih
baik.
· Dapat menunjuk dirinya sendiri
dalam foto keluarga. Beberapa bulan sebelumnya meskipun dia bisa menunjuk
fotonya tetapi belum mengenal itu adalah dirinya –sering menyebut adik bayi
atau sebutan lainnya.
· Seringkali mencoba melanggar aturan
yang Ada buat untuk melihat bagaimana reaksi Anda. Suatu penelitian menemukan
bahwa pada umumnya batita melanggar lima aturan keluarga setiap jam!
|
Perkembangan Bahasa
|
· Bisa mengikuti perintah sederhana
–jika suasana hatinya cukup baik untuk diajak kerjasama!
· Sekarang sudah bisa menghubungkan
konsep satu kata dengan beberapa kejadian secara keseluruhan (naik mobil,
menuju ke toko, berberlanja, dan pulang ke rumah lagi).
· Pembendaharaan kata-katanya sudah
bertambah menjadi kira-kira 50 kata.
· Sudah lulus dari membuat kalimat
dengan satu kata menjadi dua kata, tiga kata, atau empat kata, meskipun
ucapannya masih sulit dipahami orang lain. Hanya ada 25 persen orang lain
yang bisa memecahkan rahasia yang dia katakan.
· Bisa menggunakan kalimat sederhana,
membuat kalimat permintaan yang sederhana, dan menjawab pertanyaan yang
sederhana.
|
Perkembangan Sosial/Emosional
|
· Suka meniru orang dewasa.
· Mulai mengenal emosi orang lain.
· Mulai menunjukkan kerjasama ketika
dia bermain dengan anak lain, tetapi pertikaian yang panas dan rebutan masih
sering terjadi.
· Akan coba menghibur jika Anda
kelihatan sedih.
· Senang membantu pekerjaan rutin
Anda, seperti mengambil kaos kaki dan memasukkannya ke keranjang cucian.
· Bisa menjadi sangat marah jika
terjadi perubbahan besar dalam kegiatan rutinitasnya. Batita pada umur ini
adalah benar benar makhluk kebiasaan.
|
UMUR 30 BULAN
|
|
Perkembangan Fisik (Motorik kasar dan halus)
|
· Bisa melompat langsung ke depan.
· Dapat melompat dari atas benda
pendek- misalnya bangku pendek- dan menapakkan kakinya di lantai tanpa
kehilangan keseimbangan.
· Bisa memakai dan mencopot bajunya
sendiri tanpa bantuan orang lain.
· Dapat berjalan dengan menggunakan ujung
jari kakinya (jinjit) dan bisa berdiri dengan kuat. Dia juga bisa berlari
dengan baik sambil memalingkan kepala sejenak tanpa kehilangan keseimbangan.
· Dapat mengayuh sepeda dan bermain
di arena permainan yang sesuai dengan umurnya.
· Belajar memotong kertas menggunakan
gunting anak-anak, tetapi bisa membuatnya frustasi jika guntingnya macet atau
kertasnnya sobek.
· Bisa mencontoh gambar lingkaran.
· Dapat membuat menara dari balok
mainan setinggi enam tingkat atau lebih.
|
Persepsi/ Perkembangan Kognitif
|
· Mulai menunjukkan dan mengerti
tentang rutinitas, bahkan tidak hanya yang ada dirumah (misalnya di tempat
peitipan anak), dia terus berkembang pesat dengan rutinitasnya.
· Sudah bisa memperkirakan
konsekuensi dari apa yang dilakukannya. Dia mengerti jika memegang tepi
piring saat dia membawanya sambil berjalan, maka makanan yang ada di dalam
piring akan tumpah ke lantai.
· Bisa mencontoh dengan persis
gerakan dan sepenuhnya mengikuti nyanyian seperti “topi saya bundar”.
· Dapat menyelesaikan puzzle jigsaw
sederhana. Dia dapat menyelesaikan puzzle kayu dengan banyak keberhasilan.
· Dapat mencocokkan dua gambar yang
sama.
· Bisa menunjukkan suatu gambar
tertentu yang sering dia lihat dalam buku dengan tepat.
· Mulai ingat orang, tempatm dan
kejadian. Dia mulai menggunakan kata-kata “kemarin” dan “besok, tetapi
mungkin belum sepenuhnya memahami artinya.
· Bisa menggunakan imajinasinya untuk
membuat cerita sederhana.
· Mungkin menyamakan benda mati
seperti manusia (misalnya, dia mungkin khawatir kalau boneka beruang
teddy-nya merasa kesepian jika dia tinggalkan sendiri di dalam kamarnya
sepanjang hari).
· Bisa menggunakan kata-kata untuk
meminta
|
Perkembangan Bahasa
|
· Sudah mempunyai pembendaharaan kata
sekitar 1.000 atau lebih. Dia selalu tertarik untuk belajar tentang arti
kata-kata yang tidak biasa dia dengar.
· Memahami bahwa orang mempunyai
nama. Dia juga bisa menangkap konsep tentang jumlah, meskipun itu mungkin
hanya sekilas sampai dia benar-benar belajar bagaimana menghitung.
· Mengerti sejumlah kata kerja.
· Mulai menggunakan kata-kata untuk
mengungkapkan emosinya: senang, sedih, marah, takut, dan sebagainya. Suasana
hatinya juga banyak menurun dibandingkan beberapa bulan lalu. Untuk saat ini
dia sedang melewati masa “sebagai ratu”.
· Membuat beberapa percobaan untuk
memperbaiki masalah tata bahasa dalam ucapannya saat dia menyadari
kesalahannya.
|
Perkembangan Sosial/Emosional
|
· Senang menyenangkan orang lain.
· Mungkin bermain disekitar anak-anak
lainnya, tetapi dia belum bisa benar-benar bermain dengan mereka (Lihat Bab 3
untuk dikusi lebih rinci mengenai bagaimana bentuk perkembangan permainan
batita lebih lanjut).
· Mempunyai perasaan yang jelas
mengenai tempat yang nyaman bagi dia, dan dengan tegas melindungi milik dan
tempat pribadinya. Kata-kata favoritnya adalah Aku!
|
Perkembangan Fisik Kasar dan Halus
|
· Sekarang sudah benar-benar bisa
memanjat (seharusnya begitu; dia sudah banyak mendapatkan latihan)
· Bisa berjalan turun naik di
tanggai, menggunakan kakinya berselang-seling satu kaki tiap anak tangga.
· Bisa menendang bola, mengayuh pedal
sepeda, dan negatur posisi badannya utnuk mengambil suatu benda tanpa jatuh.
· Bisa membuat menara balok dengan
tinggi tingkat enam sampai delapan dan merangkai manik-manik ukuran setengah
inci.
· Bisa menggunakan garpu untuk makan
sendiri.
|
Persepsi/ Perkembangan Kognitif
|
· Bisa memahami hubungan fisik antar
obyek (misalkan di atas, di dalam, di bawah).
· Memahami perbedaan antara
berpura-pura (main-main) dan sungguh-sungguh.
· Mulai menghubungkan suatu kegiatan
dan perbedaan kelompok laki-laki dan perempuan dan dapat mengelompokan foto
berdasarkan gender laki-laki dan perempuan.
· Dapat mencocokan suatu obyek di
tangannya ke gambar di dalam buku dan bisa menyelesaikan puzzle yang terdiri
dari tiga sampai empat bagian.
|
Perkembangan Bahasa
|
· Dapat mengenali dan mengidentifikasi
banyak benda-benda yang umun dan memahami banyak kalimat.
· Dapat memberitahu nama, umur, dan
dirinya laki-laki atau perempuan, pada Anda.
· Menggunakan kalimat yang terdiri
empat, lima, atau bahkan enam kata. Dia juga mulai menggunakan kata ganti
dengan tepat (aku, kamu, saya, kami, mereka) dan, tentu saja dia memegang
konsep kepemilikan yang sangat kuat (punya dia dengan punyaku).
· Dapat merespon dua atau tiga
komponen perintah (misalnya, “ambil baju kamu, sepatu kamu, boneka, kamu”).
· Pembicaraannya sudah bisa
dimengerti oleh orang yang belum kenal dia dengan baik. (Mereka bisa memahami
hampir 75 persen apa yang dia katakan.)
|
Perkembangan Sosial/Emosional
|
· Menjadi lebih percaya diri dalam
menghadapi situasi baru dan menjalin hubungan dengan orang di luar keluarga
dekatnya. Dia juga mulai menunjukkan sayangnya pada teman-teman
sepermainannya secara spontan. Kadang-kadang bisa selalu bentrok dengan anak
seumuran lainya tanpa minta Anda untuk ikut campur, dan dia belajar bagaimana
ikut dalam bermain. Tentu saja dia masih sedikit bossy.
· Lebih ada kemauan untuk mengikuti
aturan keluarga –wataknya yang pemarah secara dramatis frekuensinya menjadi
menurun.
· Senang mengambil sendiri baju yang
ingin dipakainnya –salah satu cara di antara cara lainnya untuk menunjukkan
kemandiriannya.
· Bisa merasakan perasaan bangga dan
malu, jadi itu menjadi sebab mengapa Anda harus sensitif untuk memilih cara
menerapkan disiplin.
· Tumbuh perasaan humornya –membuat
dia sangat lucu untuk Anda.
|
Untuk Artikel Selanjutnya bisa membuka URL dibawah ini "
http://ibudananashop.blogspot.com/2014/08/tingkatan-pertumbuhan-si-buah-hati.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar